Jaga Kualitas Udara, BPLH Kota Bogor Gelar Uji Emisi Gratis

11/05/2015 04:55:00 PM
Jaga Kualitas Udara, BPLH Kota Bogor Gelar Uji Emisi Gratis - Untuk meminimalkan penyebaran polusi udara diperkotaan akibat gas kendaraan, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor, menggelar uji emisi kendaraan gratis, di Jalan Raya Pemuda, Tanah Sareal, Kota Bogor.



Seperti dikutip Hallobogor.com, berbagai unsur gas buangan kendaraan pun di periksa mulai dari karbon (CO), karbondioksida (CO2) hingga hidrokarbon (HC). Uji emisi ini dilakukan, salah satunya sebagai upaya untuk menjaga kualitas udara dari polusi.

Kasubdit BPLH Kota Bogor, Syinta Juwita, mengatakan, kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan dihimbau untuk segera melakukan perbaikan kendaraannya. Sedangkan untuk mobil yang lolos uji emisi, diberi stiker lolos uji emisi oleh petugas.

Syinta menjelaskan, kegiatan tersebut sudah dilaksanakan selama tiga hari, dan ini merupakan program dari kementrian lingkungan hidup, guna mengevaluasi udara perkotaaan. “BPLH disini hanya memfasilitasi, dari penyediaan lokasi saran dan personilnya, dan ini sudah dilakukan selama tiga hari, pertama Jalan Pajajaran, Yasmin terakhir Jalan Pemuda,” ujar Syinta kepada Wartawan, Kamis (5/11).

Syinta juga mengatakan, dalam tiga hari kegiatan berlangsung baru mencapai 1300 kendaraan yang di uji emisi, dari keseluruhan tarhet total 1500 kendaraan. Hasilnya, 90 persen kendaraan dalam kondisi bagus. “Kalau misalnya kendaraan tidak bagus harus diperbaiki atau diservice,” sarannya.

Sementara dilokasi, terlihat puluhan mobil berbagai jenis kendaraan roda empat yang melintas, diperiksa satu demi satu oleh petugas, dengan melibatkan BPLH Kota Bogor, Kepolisian, DLLAJ dan TNI yang membantu jalannya kegiatan uji emisi tersebut. @hallobogor (Berita Bogor)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »